4 Cara Tidur Lebih Cepat dan Nyenyak dengan Bantuan Smartphone

4 Cara Tidur Lebih Cepat dan Nyenyak dengan Bantuan Smartphone

Banyak orang yang mengatakan bahwa meletakan ponsel di dekat kita saat tidur adalah hal yang membahayakan bagi kesehatan kita karena adanya efek radiasi yang ditimbulkan oleh smartphone tersebut.

Tetapi, seorang periset di Harvard mengatakan melalui blognya bahwa tidak ada bukti yang kuat kalau meletakkan smartphone di dekat kita saat tidur adalah hal yang membahayakan kesehatan.

Namun, ternyata smarphone bisa membantu kita untuk tidur lebih cepat dan juga nyaman asalkan kita bisa menggunakannya dengan tepat. Apakah itu benar? Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa kalian lakukan jika kalian mengalami kesulitan tidur atau biasa disebut insomnia.

1. Gunakan Aplikasi Meditasi atau Penghasil Suara yang Dapat Menenangkan

Apakah kalian pernah merasakan bagaimana nyaman dan tenangnya tidur di alam terbuka saat pergi berkemah? Rasanya sangat menenangkan hati dan pikiran kita, bukan? Tapi, tidak bisa setiap saat kita pergi berkemah karena tertunda oleh segudang kesibukan kita setiap harinya.

Dengan kecanggihan teknologi masa kini, kita hanya perlu mengunduh sebuah aplikasi untuk relaksasi di smartphone kita. Banyak sekali metode relaksasi yang dapat kalian lakukan demi mendapat tidur yang nyenyak dan nyaman, misalnya dengan menggunakan aplikasi Buddhify.

Aplikasi ini bisa kalian unduh di Google Play Store dan Apple Store hanya dengan membayar Rp. 38,758 saja, lho!

Untuk pilihan lainnya, kalian bisa mengunduh aplikasi Relax Melodies: Sleep & Yoga. Melalui aplikasi ini kalian bisa mendnegarkan white noise dan juga suara-suara yang dapat menenangkan pikiran dan hati kalian.

Aplikasi ini bisa kalian unduh di Google Play Store dan Apple Store secara gratis, lho!

2. Meminimalkan Radiasi Blue Light

Blue Light adalah cahaya bergelombang pendek. Sebuah riset mengatakan bahwa blue light yang dipancarkan oleh smartphone milik kita ini dapat menekan tingkat melatonin. Melatonin adalah hormon yang membuat kita merasakan kantuk.

Inilah sebabnya jika kalian terlalu lama menggunakan ponsel kalian di malam hari akan membuat kalian kesulitan untuk tidur. kemudian jika sulit tidur itu berlanjut, maka kita akan menderita insomnia.

Untuk meminimlakan efek dari blue light, kalian dapat mengunduh aplikasi bernama Twilight. Aplikasi ini dibuat khusus untuk menekan pancara blue light dengan cara memberikan filter pada layar smartphone kalian sehingga vahaya yang ditimbulkan dari layar smartphone kita akan terasa lebih “hangat” atau lembut dan tidak terlalu mencolok.

Aplikasi ini bisa kalian dapatkan dnegan cara mengunduh langsung di Google Play Store secara gratis. Sedangkan bagi kalian yang menggunakan produk Apple, kalian bisa menggunakan fitur Night Shift.

Fitur baru yang terdapat pada iOS 9.3 keatas ini akan dengan otomatis mengubah komposisi warna pada layar menjadi lebih hangat dan lembut saat matahari di tempat dimana kita berada sudah mulai terbenam atau cahaya di skeitar kita meredup.

Night Shift ini bisa kalian cari di pengaturan kemudian pilih layar dan kecerahan.

3. Memantau Kualitas Tidur

Sebenarnya kalian tidak dapat terus menerus mengandalkan dua aplikasi diatas dalam menghadapi kesulitan tidur kalian. Kalian juga harus memantau kualitas tidur yang kalian miliki. Tapi, kednegarannya sulit?

Tenang, dengan menggunakan aplikasi Sleep as Android kalian dapat mengatur sekaligus mencatat jadwal tidur yang kalian miliki. Selain itu melalui aplikasi ini kalian bis atahu seberapa nyanyak kalian tidur. Bahkan aplikasi ini bisa mengetahui apakah kalian mendnegkur atau tidak saat tidur.

Setelah mengunduh aplikasi ini, aktifkan aplikanya dan letakka smartphone kalian diatas ranjang. Kemudian, Slee as Android akan mencatat “pergerakan” apa yang kamu lakukan saat tidur dengan mengandalkan sensor gyro pada perangkat kalian. Hasilnya bisa kalian llihat saat terbangun di pagi hari.

4. Bangun Bisa Lebih Nyaman dengan Aplikasi Alarm

Kebanyakan orang akan menggunakan suara alarm yang berisik dan bahkan mengejutkan untuk bangun. Tujuannya agar kita bisa bangun lebih cepat.

Namun ternyata, alarm yang seperti itu bisa berakibat buruk bagi kesehatan karena membuat kita kaget saat terbangun dan akan membuat kita cenderung lelah atau lesu saat bangun di pagi hari.

Dengan mencoba aplikasi alarm Warmly, kalian tidak akan bangun dengan keterkejutan lagi di pagi hari karena aplikasi ini akan membangunkanmu secara perlahan-lahan dengan suara kicauan burung atau berbagai pilihan suara lainnya.

Seperti suasana bandara, kuil, dan tempat-tempat menenangkan lainnya yang tidak akan membuat kalian bangun dengan terpaksa karena suara yang mengejutkan. Dengan begitu, kalian kana bangun dnegan perasaan yang lebih nyaman.

Aplikasi ini bisa kalian unduh secara gratis id Google Play Store secara gratis. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *