Konsultasi Lewat Smartphone dengan Dokter, Kini Menjadi Lebih Mudah Dengan Aplikasi HaloDoc

Konsultasi Lewat Smartphone dengan Dokter, Kini Menjadi Lebih Mudah Dengan Aplikasi HaloDoc

Semakin majunya perkembangan dunia, maka akan semakin sibuk pula manusianya. Hal ini membuat orang-orang tidak memiliki banyak waktu, bahkan untuk sekedar berolahraga pagi karena tubuh mereka sudah terlalu lelah dengan urusan pekerjaan.

Yang mereka inginkan adalah istirahat sebanyak-banyaknya. Lalu, bagaimana dengan mengecek kesehatan? Apa mereka juga punya waktu?

Banyak orang yang tidak memiliki waktu untuk berkonsultasi ke dokter saat dirasa ada masalah dengan kesehatannya. Untuk berkonsultasi ke dokter, maka mereka harus pergi ke rumah sakit atau ke klinik agar bisa bertemu langsung dengan dokter yang mereka tuju.

Namun, proses yang cenderung berbelit dan bahkan banyaknya kendala di perjalanan seperti jarak yang jauh dan macet membuat orang-orang memilih untuk tidak berkonsultasi ke dokter.

Mengamati hal ini, Jonathan Sudharta yang tergabung dalam sebuah perusahaan yang fokus di bidang farmasi dan kesehatan ini pun membentuk sebuah aplikasi kesehatan yang bernama HaloDoc.

Aplikasi yang diluncurkan oleh PT Media Dokter Investama adalah aplikasi yang diperuntukan untuk platform Android dan juga iOS.

Sebelum meluncurkan HaloDoc, PT Media Dokter Investama ini juga telah meluncurkan layanan LabConx yang memungkinkan pengguna untuk mengecek hasil dari laboraturium secara online.

Kemudian, PT Media Dokter Investama juga sudah meluncurkan layanan ApotikAntar yang mempemudah para pengguna untuk mendapatkan obat yang dibelinya.

Jonathan menjelaskan bahwa sudah ada lebih dari 16.000 dokter dengan berbagai kategori spesialisasi penyakit yang sudah tergabung dengan aplikasi HaloDoc.

Para dokter spesialis ini berasal dari beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Jambi, dan kota-kota lainnya di pulau Sumatera.

Saat anda sudah memiliki aplikasi HaloDoc ini, di laman utama anda akan melihat sederet nama dokter yang sedang online dan anda bisa langsung berkonsultasi dengan dokter yang anda pilih. Setelah itu anda bisa memilih akan berkonsultasi lewat panggilan video atau panggilan suara.

Jika para pengguna ingin berkonsultasi dengan dokter, maka mereka akan dikenakan biaya. Biaya yang dikenakan untuk para pengguna yang berkonsultasi dimulai dari Rp. 60.000 sampai dengan Rp. 125.000. “Besarnya biaya ini menjadi hak prerogatif dokter dan bukan ditentukan oleh HaloDoc,” ujar Jonathan.

Untuk mendapatkan kredit agar pengguna atau pasien bisa berkonsultasi dengan dokter menggunakan HaloDoc, HaloDoc memberikan pengguna beberapa opsi yaitu dengan pembayaran melalui ATM Transfer, melalui kartu kredit, dan DOKU Wallet.

Kemudian, besarnya kredit yang dapat dibeli pun jumlahnya bervariasi, mulai dari Rp. 20.000 sampai dengan Rp. 200.000, kredit dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Dari biaya yang sudah diterapkan kepada pasien tersebut, maka HaloDoc akan mendapatkan komisi dari setiap konsultasi. Namun, Jonathan sendiri tidak mau membeberkan seberapa besar yang HaloDoc dapat dari setiap konsultasi yang terjadi.

Jonathan mengatakan bahwa HaloDoc memiliki fokus utama yaitu penetrasi pasar hingga akhir tahun ini.

Menurut Jonathan, semakin cepat seorang pasien mendapat penanganan yang tepat untuk penyakitnya, maka akan meminimalisir resiko penyakit yang semakin parah. Karena diluar sana banyak sekali kasus penyakit yang tambah parah akibat keterlambatan penanganan.

Jonathan merasa yakin dengan poin penting yang dimiliki oleh HaloDoc ini, aplikasi buatannya akan mampu bersaing dengan startup kesehatan lainnya yang sudah banyak tersebar dimana-mana.

Untuk mendapatkan aplikasi HaloDoc ini, para pengguna dapat dengan mudah mengunduh HaloDoc di Google Play Store atau di Apple Store secara gratis di gadget anda. Nah, selain HaloDoc, anda juga bisa mencoba layanan online kesehatan lainnya seperti AloDokter, KlikDokter, Dokter.id, dan TanyaDok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *