Sejarah Web : Perkembangannya, Penemunya, Penciptanya dan Cara Kerjanya

Sejarah web : perkembangannya, penemunya, penciptanya dan cara kerjanya website singkat di indonesia dan dunia wikipedia pdf
Sejarah Web : Perkembangannya, Penemunya, Penciptanya dan Cara Kerjanya

Apa itu web ? Web adalah singkatan dari website yang memuat halaman dengan berbagai informasi yang tersedia yang di buat oleh pemiliknya. Website sendiri bisa di buka ketika komputer terhubung ke internet, karena jika tidak terhubung ke internet bisa di pastikan akan tidak bisa membuka website yang di inginkan.

Isi dari website bisa beraneka macam, bisa berupa teks saja, bisa berupa gambar, bisa berisi video atau justru kombinasi dari beberapa komponen. Namun jangan salah jika semakin banyak konten yang perlu di loading cukup banyak maka di pastikan aka cukup menyedot kuota internet Anda.

Dari penjelasan singkat di atas tentu Anda sudah mengetahui bagaimana bentuk website itu sendiri dan bagaimana fungsi dan kegunaan dari website yang sedang Anda buka, namun apakah Anda tahu bagaimana sejarah web terbentuk ?

Mari simak beberapa uraian berikut ini ; istilah web pertama kali oleh Berners-Lee pada tahun 1991 dengan di beri inisial WWW atau singkatan dari World Wide Web yang di gunakan awalnya untuk menyusun arsip-arsip hasil dari penelitiannya.

Sehingga dengan alasan itulah Dia mencoba untuk mengembangkan sebuah sistem yang unik untuk keperluan pribadinya sendiri. Sistem yang Dia ciptakan dinamakan dengan Equire.

Dengan Equire yang di ciptakannya tersebut kemudian dia bisa dengan mudah mengakses arsip satu sama lain. Hal inilah yang menjadi patokan awal kebutuhan akan web di seluruh dunia.

Untuk WWW sendiri di kembangkan dengan sistematis di pusat penelitian yang dinamakan dengan CERN atau jika di artikan yaitu Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa yang berpusat di Jenewa Negara Swiss.

Ketika itu Berners-lee pada tahun 1989 membuat proposal yang berisi pengajuann proyek dalam rangka pembuatan hypertext. Lalu pada tahun 1990 bulan Oktober www sendiri sudah bisa di akses walaupun masih dalam lingkup CERN dulu.

Setahun kemudian pada tahun 1991 www sudah di resmikan unntuk di pergunakan secara global di jaringan internet yang tersebar di seluruh dunia.

Web dengan website memiliki arti yang berbeda, namun jika di lihat dari pengertian mendasarnya bahwa website adalah sekumpulan dari halaman-halaman yang ada dalam situs ketika Anda membukanya dan di simpan dalam lingkup domain maupun sub domain dan di tempatkan pada World wide web pada sebuah internet.

Di samping itu, sebuah website hanya bisa di akses jika memiliki URL sebagai pencirinya. URL tersebut bisa di bilang dengan homepage.
Berdasarkan jenisnya, webiste terbagi ke dalam 3 jenis, yaitu website statis, webiste dinamis dan website interaktif.

Website statis adalah sebuah website dengan memiliki halaman yang tidak berubah yang artinya jika ingin di rubah sekalipun maka hal yang harus di lakukan adalah dengan mengubah atau mengedit sebagian code unik dari website yang menyusunnya.

Webiste dinamis adalah sebuah webiste yang bisa berubah setiap harinya, artinya website tesebut membutuhkan uptade setiap harinya.

Dalam satu hari bisa satu kali atau berkali-kali update tergantung dengan kebutuhan. Untuk mengubahnya tentu Anda yang menjadi usernya karena tidak mungkin orang lain yang mengubahnya.

Oleh karena itu informasi yang di butuhkan untuk bahan update, maka setidaknya data yang di perlihatkan harus valid dan bisa di pertanggungjawabkan. Salah satu contoh jenis website yang termasuk ke dalam webiste dinamis adalah website berita, webiste polling dan website yang lainnya.

Website yang terakhir adalah website interaktif yang isinya adalah berupa forum sehingga bisa saling bertanya jawab satu sama lain. Ya, demikianlah penjelasan singkat mengenai sejarah web dan jenis-jenisnya yang perlu kita ketahui!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *